Rabu, Maret 08, 2017

7 CARA MENGETAHUI POTENSI DIRI YANG TERPENDAM



P  O  T  E  N  S  I

(Lingkaran Potensi Diri)



Apasih potensi diri itu?

Potensi diri adalah sebuah kekuatan (power), kemampuan atau keyakinan yang ada dalam diri seseorang, baik yang belum terwujud maupun yang sudah terwujud, baik yang terdapat bakat internal dalam dirinya maupun dengan melalui cara latihan tertentu. Kadang potensi diri seseorang belum sepenuhnya terlihat atau belum dipergunakan secara maksimal. Dengan mengetahui dan memahami potensi dalam diri sendiri, maka akan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya pendidikan, pekerjaan atau hal apa saja yang ingin anda lakukan dimasa yang akan datang.

Kadang orang beranggapan bahwa hidup itu harus mengalir seperti air, yang hanya mengikuti kemana arah air itu mengalir, namun anda juga harus mampu mengambil langkah yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki anda sendiri. Alur kehidupan orang pasti berbeda-beda, maka janganlah anda mengikuti langkah atau keputusan orang lain, karena belum tentu keputusan tersebut cocok buat anda. Jadilah diri sendiri yang mampu mengambil keputusan dan yang pasti ketahui potensi anda.

Gimana sih cara mengetahui potensi diri yang terpendam itu?

Banyak orang tidak tau akan potensi yang ada dalam dirinya, untuk itu gua berbagi info mudah-mudahan setelah membaca dan menyimak artikel ini, anda akan tau potensi yang ada miliki.

1. Menyadari impian apa yang anda inginkan

Kita tahu, setiap insan pasti mempunyai impian dan harapan yang hendak dicapai atau diwujudkan. Mungkin ada yang ingin menjadi sukses, mempunyai uang banyak, mempunyai rumah besar, dan lain sebagainya. Sesungguhnya potensi diri muncul dari apa yang kita impikan. Karena pasti potensi dalam diri anda akan mendorong anda untuk mewujudkan mimpi tersebut. Jadi sebuah mimpi yang ingin anda wujudkan membuat anda mengetahui apa potensi diri anda seseungguhnya.

2. Ketahuilah hal apa yang anda suka

Hal apa saja yang anda sukai? Segala sesuatu yang anda sukai pasti anda akan melakukannya tanpa terpaksa bukan. Walaupun hal tersebut sangatlah sulit untuk didapatkan ataupun terjadi dalam keadaan sempit dan tidak memungkinkan. Nah biasanya dalam hal-hal yang anda sukai inilah terdapat potensi diri yang luar biasa anda miliki.

3. Ketahuilah kepandaian anda

Anda pasti memiliki suatu kemahiran dalam bidang tertentu, walaupun semuanya bisa. Hal itu biasanya suatu kepandaian yang anda miliki. Jika anda mengetahui kepandaian yang anda miliki, maka hal tersebut dapat mengetahui potensi dalam diri anda.

4. Ketahuilah hal apa saja yang membuat anda nyaman dan asik

Bosan? Pasti anda pernah merasakannya. Namun ada hal yang membuat anda merasa tetap asik, nyaman dan tidak bosan sama sekali dengan rutinitas tersebut, walaupun sudah sering anda lakukan sesering mungkin. Karena ketika anda melakukan hal tersebut anda merasa nyaman dan asik tanpa tekanan maupun beban. Mungkin hal tersebut dapat menjadi potensi diri anda jika memang menekuninya.

5.Bertanyalah kepada orang lain

Loh kenapa harus bertanya kepada orang lain? Mungkin anda bertanya-tanya. Ya karena jika anda menilai diri anda sendiri, penilaiannya akan kurang tepat dan ragu, karena setiap orang menilai dengan objektif terhadap dirinya sendiri. Maka cobalah minta bantuan kepada keluarga, sahabat, teman, atau orang yang ada di sekitar kita untuk mengetahui potensi anda, tak usah malu untuk melaukannya karena ini untuk kebaikan diri anda sendiri.

6. Ketahuilah hal apa yang cepat anda pelajari

Anda pasti mempunyai kesulitan terhadap apa yang anda pelajari dan anda lakukan, meskipun anda sudah berusaha melakukannya  dengan bersungguh-sungguh. Anda juga pasti pernah atau mampu mempelajari dan melakukan sesuatu yang anda lakukan walaupun anda mencobanya sedikit saja. Maka sesungguhnya inilah bidang yang terdapat potensi diri anda.

7. Buatlah table metode pengelompokan list aktifitas

Buatlah table dan tulislah semua kegiatan atau aktifitas yang sering anda lakukan, baik yang anda sukai maupun yang tidak anda sukai. Kemudian seleksilah dengan cara mencentang atau menceklis aktifitas yang anda sukai (sesuai potensi), dan kembangkanlahagar menjadi lebih baik. Cara ini sangat efektif untuk mengetahui potensi diri sendiri.

(Kita Pasti Bisa)



Itulah beberapa hal yang bisa anda coba untuk mengetahui potensi diri. Memang semua yang kita inginkan dan wujudkan tidak mudah untuk mendapatkannya, untuk mencapainya kita harus memiliki niat, usaha, dan tentunya kerja keras serta doa. Begitupun untuk mengetahui potensi diri sendiri yang terpenda
m.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar