Senin, Juli 31, 2017

WARNA-WARNI KOTA TUA

VIEW KECERIAAN KOTA TUA


(situasi wisata kota tua)

Bagi masyarakat sekitar Jakarta bahkan luar Jakarta tidak asing lagi dengan wisata Kota Tua Jakarta, atau dikenal juga dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia) yang berada disebuah wilayah kecil, Taman Sari, Jakarta Barat, Indonesia. Wilayah ini memiliki luas sekitar 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). 



Di Jakarta, kawasan kota tua ini merupakan salah satu kawasan yang masih cukup dijaga kekhasan tempatnya hingga saat ini. Walaupun ada beberapa bangunan tua terlihat tidak diurus, namun beberapa diantaranya masih terlihat bersih dan berfungsi dengan baik, seperti Stasiun Jakarta Kota dan Kantor Pos Indonesia, juga beberapa diantaranya sudah dijadikan museum untuk mengenang sejarah di waktu dulu. Beberapa museum terkenal di sekitar kota tua yang bisa dikunjungi yaitu Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Bekas kantor Gubernur, Museum Keramik dan beberapa bangunan tua disana.

KECERIAAN BERSAMA KELUARGA

 

Tempat ini pas untuk mengajak sanak keluarga dalam menghabiskan waktu liburan atau hanya sekedar berakhir pekan. Karena selain hanya jalan-jalan saja, juga dapat memasuki museum-museum di sekitarnya untuk mengetahui sejarah dahulu dan menambah wawasan serta pengetahuan mengenai sejarah dahulu. Di depan museum fatahilah  terdapat lapangan fatahilah, yang mana tempat tersebut adalah lokasi yang pas untuk berkeliling menikmati bangunan-bangunan tua di sekelilingnya dengan berjalan kaki maupun bersepeda.

KECERIAAN DENGAN SEPEDA ONTHEL PELANGI


Untuk berkeliling mengitari kawasan kota tua dapat juga menggunakan maupun menyewa sepeda onthel warna-warni yang terdapat diarea lapangan fatahilah, karena banyak penyedia jasa sewa sepeda disekitarnya. Dan bisa juga hanya sekedar untuk berfoto-foto diarea lapangan tersebut dengan berbagai gaya untuk mengekspresikan diri, baik menggunakan kamera ponsel maupun digital, karena spot foto yang pas menghadap beberapa gedung tua seperti jasindo, museum wayang, museum keramik dan cafĂ© Batavia. 

KECERIAAN BERSAMA MERDUNYA MUSISI JALANAN


Selain melihat berbagai tempat indah dan bangunan tua yang unik, permainan music dan suara sang musisi jalanan juga cukup merdu dan menarik perhatian para pengunjung. Dengan suasana yang nyaman dan santai, alunan music dari musisi jalanan tersebut mampu menjadikan kota tua semakin ceria dan berwarna.

Wisata kota tua Jakarta adalah yang terbaik titipan dalam sejarah, untuk itu mari kita bersama untuk jaga dan lestarikan budaya yang ada di Indonesia, jangan sampai melakukan hal yang tidak semestinya dilakukan. Buang sampah pada tempatnya agar kondisi di area tersebut tidak kotor dan jangan mencoret-coret bangunan yang unik dan bagus itu, cukup nikmati keindahannya dan berekspresi lewat foto saja. Salam Merdeka !

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar