Jumat, Januari 20, 2017

MEMBUAT JURNAL KEUANGAN PRIBADI

BOROS??
       Inilah tipsnya…

aplikasi jurnal keuangan
(Aplikasi jurnal keuangan)

Hai guys kali ini gua akan membahas mengenai jurnal keuangan pribadi, bagi anda yang sering sekali boros mengenai masalah keuangan atau tidak tahu dikemanakan uang anda, cobalah untuk membuat laporan keuangan pribadi, dengan mencatat setiap transaksi-transaksi yang anda lakukan dalam sehari-hari dalam buku jurnal harian anda. Dengan begitu anda akan mengetahui pengeluaran belanja anda selama satu hari, bulan, minggu bahkan satu tahun, karena dengan laporan keuangan yang anda catat setiap hari itu, anda mampu mereview/melihat transaksi pengeluaran setiap harinya, sehingga anda dapat menetapkan anggaran dalam satu bulan tersebut, atau bahkan memperkecil biaya pengelurannya.

 Yups untuk itu gua akan kasih tahu tipsnya untuk membantu anda semua:

1. Buatlah rencana/planning.

Pada tahap awal yang petama kali anda buat adalah menyusun rencana atau planning yang akan anda lakukan dalam satu bulan tersebut. Sehingga dalam pelaksanaannya memudahkan anda dalam melakukan berbagai transaksi, meski kadang ditengah jalan ada saja pengeluaran yang tidak terduga atau tidak tercantum dalam planning, tapi setidaknya sudah ada batasan.

2. Susunlah anggaran/budget pengeluaran belanja anda selama satu bulan.

Setelah membuat planning, hal yang anda lakukan adalah dengan membuat susunan anggaran/budget yang telah anda catat dalam planning sebelumnya, agar  dalam satu bulan nanti pengeluaran anda tidak lebih dari anggaran yang sudah ditetapkan, ya meski ada saja hal ditengah jalan yang tidak terduga atau tidak tercantum dalam anggaran. Tapi setidaknya ada batasan tertentu dalam pengeluaran, kalau lebih-lebih dikit sih gapapa.

3. Catatlah setiap transaksi (pemasukan  maupun pengeluaran) yang anda lakukan.

Dalam sehari-hari anda pasti melakukan transaksi, nah setiap transaksi tersebut anda catat baik dalam, buku jurnal anda maupun lewat aplikasi android ataupun lewat laptop anda. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang semakin maju ini banyak aplikasi mengenai pencatatan laporan keuangan yang bisa anda dapat dari google playstore maupun aplikasi lain sejenisnya.

4. Selalu mereview/melihat setiap transaksi yang anda lakukan.

Nah setiap anda melakukan transaksi dan mencatat dalam jurnal, usahakan anda selalu mereview atau melihat transaksi-transaksi sebelumnya agar anda dapat mengetahui berapa banyak anda melakukan transaksi, juga anda dapat mengetahui jumlah pengeluran anda saat ini, sehingga anda akan mengetahui planning apa yang belum anda lakukan. Anda pun dapat melakukan batasan mengenai pengeluaran di bulan tersebut, agar selalu mendahulukan hal-hal utama yang sudah anda buat/catat diawal rencana, agar tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

5. Perhitungan akhir bulan.

Finally/akhirnya setelah sekian lama anda mencatat transaksi-transaksi selama satu bulan full/penuh, anda dapat mengetahui hasilnya. Apakah pengeluarannya sesuai dengan anggaran yang telah anda planning dan catat sebelumnya atau lebih dari anggaran.
Jika memang hasilnya kurang dari anggaran berarti anda berhasil, namun jika pengeluarannya lebih dari anggaran yang telah anda buat itu, maka anda kurang berhasil, tapi jangan sedih anda bisa mengulanginya di bulan berikutnya.

6. Lakukan secara berulang.

Lakukan hal tersebut setiap bulannya secara berulang, dengan membuat planning serta anggaran apa yang anda perlukan di satu bulan nanti dan mencatat setiap transaksi yang anda lakukan. Maka anda akan bisa mengetahui dan memahami pengeluaran anda selama satu bulan. Sehingga anda dapat mengetahui apakah dalam satu bulan tersebut anda boros atau tidak.
 So buktikanlah sediri!

Semoga dengan tips di atas, yang gua share dari pengalaman pribadi gua ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang mengalami pemborosan, atau tidak mengetahui uang tersebut di pergukan untuk apa dan kemana. Karena dengan mencatat, menulis dan mempraktikan hal-hal kecil, itu dapat membuat hidup lebih baik dan lebih bermakna, walaupun kelihatan sepele. (20/01)

Thanks..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar