Selasa, April 28, 2020

Males Makan, Menu Sahur untuk Daya Tahan Tubuh


Dikondisi seperti sekarang ini yakni merebaknya virus corona membuat pertimbangan asupan makanan lebih ditekankan untuk sebisa mungkin menjaga daya tahan tubuh. Apalagi bagi umat muslim khususnya yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Pastinya sangat penting untuk memilih menu sahur yang sesuai dan pas, karena selama kurang lebih 13 jam dalam sehari tidak ada makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Terkadang ada sebagian orang juga yang kurang begitu nafsu makan pada saat sahur (termasuk saya hehe). Namun minimal harus ada asupan makanan yang masuk, seperti mengandung karbohidrat dan protein. Tentunya asupan cairan juga perlu, karena pada saat berpuasa pastinya tubuh akan terasa lemas, bukan karena tidak makan namun karena asupan cairan yang ada didalam tubuh juga kurang.

Untuk itu perlu bagi kita untuk memberikan asupan yang tepat dan pas pada saat sahur, seperti:

1. Salad sayur

Serat dalam sayuran cukup banyak yang dapat membantu merasakan kenyang sampai sehari penuh. Didalam sayuran juga terdapat aneka vitamin dan mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh. Memakan sayuran dapat dipadukan dengan cara memotong beberapa sayur seperti baby spinach, selada, wortel, ketimun dan lainnya (sesuai selera) yang diserut, juga bisa tambahnya sedikit minyak zaitun atau pun mayonnaise, yang dapat memberikan asupan serat juga lemak yang sehat.

Selain itu untuk tambahan sumber protein, bisa dipadukan dengan potongan telur yang direbus atau daging ayam fillet (jika ada hehe) yang sudah dikukus.

2. Sereal kaya serat

Terkadang kita lebih sering memakan mie instan plus telur yang lebih praktis untuk santap sahur. Namun ada alternatif lain yang lebih praktis, yakni sereal. Pilih sereal yang banyak mengandung serat dan juga rendah gula. Selain serat, didalam sereal juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti vitamin, mineral dan tambahan protein.

Lebih nikmat juga sereal dipadukan dengan susu sehingga dapat mencukupi cairan dalam tubuh. Tambah sedikit madu juga bisa, untuk membuat sereal lebih memiliki rasa yang dapat membangkitkan selera makan juga memberikan nutrisi yang lebih.

3. Yogurt

Didalam yogurt mengandung protein yang cukup memiliki peran penting dalam imun tubuh. Selain itu juga yogurt mengandung nutrisi yang berupa, kalsium, iodin, vitamin B juga cairan. Yogurt juga bisa dipadukan dengan aneka buah-buahan ataupun dengan oatmeal, tergantung selera agar lebih lengkap.

4. Oatmeal

Salah satu menu yang memiliki sumber serat yang baik. Didalam oatmeal juga terdapat karbohidrat yang menjadi hal utama untuk santap pada saat sahur. Oatmeal juga mengandung banyak protein dan lemak dari biji-bijian jenis lain.

Setidaknya oatmeal dapat membuat merasa kenyang lebih lama berkat kandungan serat didalamnya. Oatmeal juga bisa diolah menjadi beragam menu lainnya, baik yang manis atapun yang asin. Jika ingin yang manis bisa diperoleh dengan mencampurkan susu juga potongan buah seperti pisang ataupun stroberi. Sedangkan jika ingin yang asin bisa dicampurkan dengan sedikit garam dan telur.

2. Roti dari bii-bijian

Makan sahur bagusnya mengandung makanan yang dicerna perlahan yang mengandung cukup energi untuk seharian penuh. Seperti biji-bijian yang mengandung karbohidrat dan serat yang lumayan.

Tidak harus memakan langsung biji-bijian, tetapi bisa membeli roti dari biji-bijian (roti gandum). Dan ada baiknya tidak memadukan roti dengan makanan yang asin, seperti keju keras atau daging olahan (misalnya sosis). Tapi bisa padukan roti tersebut dengan selai kacang, keju yang lembut ataupun pisang. Konsumsi juga air putih yang cukup atau susu untuk mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh.

* * *

Itulah beberapa menu yang mudah dan cukup simple, apalagi jika memang sedang tidak nafsu makan. Makanan tersebut bisa beli di minimarket atau warung kelontong terdekat yang ada disekitar rumah, dengan harga relatif cukup murah. 

Sediakan dirumah untuk dapat mengganjal perut yang sedang tidak nafsu makan dan juga dapat membantu daya tahan tubuh, jangan sampai tidak makan (hanya karena dia, ehh).

Semoga puasa Ramadhan ditahun 2020 ini (bagi yang menjalankan) lancar hingga akhir, tetap berkah dan semoga bumi cepat pulih kembali dari virus corona ini.

# # #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar